Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan segitiga dan segiempat. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini : ?Ada hubungan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan segitiga dan segiempat.? Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 50 Jakrta Timur kelas VII (SMP kelas 1). Waktu penelitian adalah pada akhir Semester II tahun 2006/2007. Metode yang digunakan dalam penelitian in adalah metode survey dengan teknik korelasi. Sampel yang diteliti sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes obyektif dengan tipe soal pilihan ganda yang terdiri dari empat pilihan jawaban. Variabel bebas pada penelitian ini adalah kemampuan numerik (X), sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika pada pokok bahasan segitiga dan segiempat (Y). Masing-masing terdiri dari 30 item, hasil ujicoba dianalisis untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, untuk kemampuan numerik terdapat 19 item yang valid, untuk hasil belajar matematika terdapat 18 item yang valid. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji linearitas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat Lhitung = 0,0606 < 0,161 = Ltabel sedangkan untuk variabel terikat Lhitung = 0,0484 < 0,161 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linear diperoleh Ŷ = 4,385 + 0,602X. Uji linearitas regresi diperoleh Fhitung = 0,4842 < 2,48 = Ftabel, sehingga dapat disimpulkan model regresi adalah linear, artinya terdapat hubungan yang linear dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 22,454 > 4,20 = Ftabel, hal ini berarti model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment, selanjutnya dihitung keberartian korelasi dengan Uji t?student dari rhitung = 0,667 didapat thitung = 6,359, sedangkan harga ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 adalah 2,04. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan segitiga dan segiempat. Koefisien determinasi r2 diperoleh sebesar 0,445 hal ini berarti kemampuan numerik memberikan kontribusi sebesar 44,5 % terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan segitiga dan segiempat. iii