Abstrak
NITA RISDIANITA : Hubungan Antara Hasil Belajar Matematika dengan Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 6 Tangerang. Skripsi : Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Januari 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat tidaknya hubungan antara hasil belajar matematika dengan hasil belajar fisika dengan mengambil pokok bahasan bilangan berpangkat pada matematika dan pokok bahasan suhu dan kalor pada fisika. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ?Terdapat hubungan antara hasil belajar matematika dengan hasil belajar fisika?. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X di SMA Negeri 6 Tangerang pada semester kedua tahun pelajaran 2006/2007. Sampel diambil secara acak sederhana (cluster sampling) dengan mengambil satu kelas dari sembilan kelas yang ada dengan jumlah siswa 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar fisika. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors serta uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas diperoleh Lhitung = 0,0877 < 0,161 = Ltabel sedangkan untuk variabel terikat diperoleh Lhitung = 0,1108 < 0,161 = Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linear diperoleh . Uji linearitas diperoleh Fhitung = 1,067 < 2,45 = Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa model regresi adalah linear, artinya terdapat hubungan yang linear dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 34,732 > 4,20 = Ftabel hal ini berarti bahwa model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment selanjutnya dihitung keberartian korelasi dengan uji-t student. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh rhitung = 0,744 dan hasil perhitungan uji t-student diperoleh thitung = 5,892 sedangkan harga ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 28 adalah 2,05. Karena thitung = 5,892 < 2,05 = ttabel berarti Ho ditolak. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara hasil belajar matematika dengan hasil belajar fisika. Koefisien determinasi (r2) diperoleh sebesar 0,554. Hal ini berarti bahwa hasil belajar matematika memberikan kontribusi sebesar 55,4% terhadap hasil belajar fisika. i