Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan lembar kerja terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: ?Terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja terhadap hasil belajar matematika siswa.? Penelitian ini dilaksanakankan di SMP Negeri 25 Bekasi pada semester genap tahun pelajaran 2006/2007. Populasi terjangkau dalam penelitian ini berjumlah 365 siswa. Sampel penelitian adalah 80 siswa yang ditentukan secara acak sederhana (simple random sampling). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan lembar kerja, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Hasil uji coba instrumen yang dilakukan terhadap 38 siswa di luar sampel memperoleh hasil 30 butir soal memenuhi kriteria valid dan reliabel. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pada kelompok eksperimen pengujian normalitas didapat L0 = 0,1221 dan pada kelompok kontrol didapat L0 = 0,1051. Ltabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 40 adalah 0,1401. Karena pada kedua kelompok L0 < Ltabel maka disimpulkan kedua kelompok berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,401, dengan Ftabel = 0,583 dan 1,715. Dengan dk pembilang = 39 dan dk penyebut = 39, karena 0,583 < 1,401 < 1,715 maka disimpulkan kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 2,168 > 1,661 = ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja terhadap hasil belajar matematika siswa. i