Abstrak
HENNY INTARTI. NIM: 0301125 11. Pengaruh Pemberian Program 0 Remedial Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa SMP Negeri 188 Jakarta Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2007 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidak terdapat pengaruh pemberian program remedial terhadap hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat pengaruh pemberian program remedial terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 188 jakarta.? Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 188 Jakarta pada semester genap tahun pelajaran 2006/2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 31 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Pemberian program remedial sebagai variabel bebas dan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda sebanyak 25 soal dengan empat option yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda soalnya. Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Lilliefors untuk normalitas dan uji Fisher untuk homogenitas. Hasil pengujian pada kelas eksperimen diperoleh Lo = 0,107 dan Ltabel = 0,159, dan kelas kontrol diperoleh Lo = 0,156 dan Ltabel = 0,162. Karena Lo lebih kecil dari Ltabel, L0 = 0,107 < 0,159 = Ltabel , untuk kelas eksperimen dan L0 = 0,156 < 0,162 = Ltabel, untuk kelas kontrol, dapat disimpulkan kedua kelas berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas dari kedua kelas tersebut diperoleh Fhitung = 1,322 dan Ftabel = F0,975 (29,29) = 0,538 dan Ftabel = F0,025 (29,29) = 1,858 pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan = 29. Karena F hitung terletak diantara kedua Ftabel (0,538 < 1,322 < 1,858), sampel mempunyai varians yang sama atau homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t, dari analisis data diperoleh thitung = 3,767, dan ttabel = t(0,975)(59) = 2,000 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan 59. Karena thitung = 3,767 tidak berada diantara ttabel = t (0,975) (59) = -2,000 dan 2,000, H0 ditolak. Dengan ditolaknya H0, pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian program remedial terhadap hasil belajar matematika siswa. Simpulan ini memberikan pengertian bahwa program remedial memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar matematika siswa yaitu dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.