Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembatasan waktu dalam penyelasaian butir-butir soal latihan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat pengaruh pembatasan waktu dalam penyelesaian butir-butir soal latihan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 1 Karang Tengah tahun pelajaran 2006/2007. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan instrumen penelitian berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 26 soal dengan empat pilihan yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda instrumennya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan Uji-t, pada taraf signifikan = α . Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji lilliefors untuk normalitas dan uji-F untuk homogenitas. Untuk kelas eksperimen di dapat Lhitung = 0,084 dan Ltabel = 0,140. Sedangkan kelas kontrol di dapat harga Lhitung = 0,080 dan Ltabel = 0,140. Karena Lhitung lebih kecil dari Ltabel, berarti hipotesis nol diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji-F untuk homogenitas diperoleh Fhitung=1,146 dan Ftabel untuk batas kiri 0,586 dan batas kanan 1,705 dengan taraf signifikan . Mengingat F0.975 = 0,586 < Fhitung = 1,146 < 1,705 = F0,025 , sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai varians yang sama. Dengan demikian kedua kelas tersebut adalah homogen setelah diberikan perlakuan. Dari analisis data diperoleh harga thitung = 5,430 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 05,0=α dan derajat kebebasan (dk) = 78 didapat harga ttabel = 1,99. Hal berart thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dengan kata lain menerima hipotesis alternatif H1 yang menyatakan bahwa, terdapat pengaruh pembatasan waktu dalam penyelesaian butir-butir soal latihan matimatika terhadap hasil belajar m atemtika siswa. Simpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembatasan waktu dalam penyelesaian butir-butir soal latihan matematika dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. a iii