Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar matematika siswa. Hipotesis penelitian ini adalah ?Terdapat pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar matematika siswa.? Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 262 Jakarta semester genap tahun pelajaran 2006/2007. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 30 siswa dalam satu kelas sebagai sampel. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 25 soal dengan empat pilihan. Uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji Homogenitas menggunakan uji Bartlett. Pada kelas yang diberi reward, pengujian normalitas didapat Lhitung = 0,1246 dan pada kelas yang tidak diberi reward Lhitung = 0,1597. Lkritis dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 30 adalah 0,1610 karena pada kedua kelompok Lhitung < Lkritis maka disimpulkan data kedua kelas berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh χ2hitung = 3,10 dengan χ2tabel = 11,1 pada taraf signifikansi α = 0,05. Karena χ2hitung < χ2tabel, maka disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 7,2571 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58 diperoleh tkritis = 2,0017. Karena thitung > tkritis maka H1 diterima.Dengan demikian terdapat pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar matematika siswa.