Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara persepsi siswa terhadap partisipasi orang tua dalam pendidikan anak dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap partisipasi orang tua dalam pendidikan anak dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Kebayoran Lama Selatan 12 Pagi Jakarta Selatan pada semester genap tahun pelajaran 2008-2009. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 40 siswa dari 70 siswa yang berasal dari siswa kelas IV.1 dan IV.2. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan tekhnik korelasi. Instrumen penelitian menggunakan angket persepsi siswa terhadap partisipasi orang tua dalam pendidikan anak yang berjumlah 20 item dengan 5 alternatif jawaban dan tes hasil belajar matematika berjumlah 22 item dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 alternatif jawaban. Data dianalisis menggunakan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji lilliefors, uji linieritas dan uji keberartian regresi menggunakan analisis varians (ANAVA). Pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat Lhitung = 0,1378 < 0,1400 = Ltabel , maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Fhitung = 0,59 < 2,15 = F(0,95)(17,21) sehingga model regresi adalah linier artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh F hitung = 11,54 > 4,10 = F(0,95)(1,38) berarti model regresi signifikan. Koefisien korelasi variabel X dan Y yang dihitung dengan analisis korelasi product moment diperoleh rxy = 0,487. Selanjutnya menghitung keberartian korelasi dengan menggunakan uji t-student dari rxy = 0,487 didapat thitung = 3,439 > 2,024 = t (1-½α)(n-2) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak, maka terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap partisipasi orang tua dalam pendidikan anak dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi r2 = 0,2332. Hal ini berarti persepsi siswa terhadap partisipasi orang tua dalam pendidikan anak memberikan kontribusi sebesar 23,32% terhadap hasil belajar matematika siswa.