Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya i validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan Uji-t, pada taraf signifikansi α = 0,05. Uji persyaratan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji lilliefors untuk normalitas dan uji Bartlett untuk homogenitas. Uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh tabel Lhitung = 0,1179 < 0,1610 = Ltabel, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh tabel Lhitung = 0,0945 < 0,1610 = Ltabel, maka terima H0 berarti sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji Bartlett untuk homogenitas dengan α = 0,05 diperoleh tabel χ2hitung = 0.0467 < 3,84 = χ2tabel, maka terima H0, berarti sampel diperoleh dari populasi yang homogen. Uji analisis data pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh tabel hitung thotung = 2,754 > 2,04 = ttabel, maka terima H1 .Simpulan akhir berarti terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode STAD dengan siswa yang diajar menggunakan metode ekspositori.