Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidaknya penilaian tugas pekerjaan rumah terhadap hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ? terdapat pengaruh penilaian tugas pekerjaan rumah terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Benda Tangerang tahun pelajaran 2008/2009. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan instrumen penelitian berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 25 soal dengan empat pilihan yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan Uji-t, pada taraf signifikansi α = 0,05. Uji persyaratan analisis data hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Lilliefors untuk normalitas dan uji-F untuk homogenitas. Untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,101 dan L(0,05;30) = 0,161. Sedangkan kelas kontrol di dapat harga Lhitung = 0,145 dan L(0,05;30) = 0,161. Karena Lhitung lebih kecil dari Ltabel, berarti hipotesis nol diterima, dan simpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji-F untuk homogenitas diperoleh Fhitung = 1,467 dan Ftabel untuk batas kiri 0,538 dan batas kanan 1,858 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Mengingat F0.975(29,29) = 0,538 < Fhitung = 1,467 < 1,858 = F0,025(29,29), sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai varians yang sama. Dengan demikian kedua kelas tersebut adalah homogen setelah diberikan perlakuan. Dari perhitungan uji-t diperoleh harga thitung = 2,346 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58 didapat harga t(0,975;58) = 2,002. Hal ini berarti thitung = 2,346 > 2,002 = t(0,975;58) yang berarti H0 ditolak maka simpulan akhir dari penelitian ini terdapat pengaruh penilaian tugas pekerjaan rumah terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil belajar matematika antara siswa yang diberi penilaian terhadap pekerjaan rumah lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang tidak diberikan penilaian tugas pekerjaan rumah. Simpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian tugas pekerjaan rumah dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.