Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa pada model pembelajaran tematik dengan model pembelajaran klasikal. Model pembelajaran tematik yaitu model pembelajaran yang mengaitkan/memadukan beberapa bidang studi untuk memberikan pengalaman bermakna bagi siswa, sedangkan model pembelajaran klasikal yaitu model pembelajaran yang memisahkan antar bidang studi dan menempatkan siswa pada posisi pasif. Hipotesis penelitian adalah ?Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada model pembelajaran tematik dengan model pembelajran klasikal.? Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 Jakarta kelas 3 semester genap tahun pelajaran 2008-2009. Sampel diteliti sebanyak 60 siswa terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Uji instrumen dilakukan uji validitas dengan point biserial correlation didapat 21 soal valid dan 9 soal tidak valid serta uji realibitas dengan rumus K-R 20 sebesar 0,813. Uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors didapat Lhitung = 0,087 < 0,161 = Ltabel untuk kelas ekperimen dan Lhitung = 0,080 < 0,161 = Ltabel untuk kelas kontrol, maka disimpulkan kedua sampel berdistribusi normal serta uji homogenitas dengan uji Bartlett diperoleh χ2hitung = 0,0401 < 3,84 = χ2tabel,, berarti populasi dua data mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t terdapat thitung = 3,1 > 2,04 = ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,0,5. Hal ini berarti tolak H0 maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada model pembelajaran tematik dengan model pembelajaran klasikal