Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika peserta didik pada pembelajaran kubus dan balok yang diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode ekspositori. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah :?Terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode ekspositori?. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Jam?iyyah Islamiyyah Tangerang kelas VIII pada semester genap tahun pelajaran 2008-2009. Sampel yang diteliti sebanyak 60 peserta didik yang terdiri dari 30 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda. Instrumen penelitian ini sebelum deberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation didapat 25 soal yang valid dari 40 soal. Sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20 sebesar 0,825. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan uji fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,087 < 0,161 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,085 < 0,161 = Ltabel, maka kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,020 < 1,858 = Ftabel, maka populasi dua data tersebut homogen. Uji analisis data dengan taraf signifikansi α = 0,05 didapat thitung = 4,217 > ttabel = 2,002. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi dan metode ekspositori.