Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar melalui pendekatan CTL berbasis learning community dengan siswa yang diajar melalui pendekatan deduktif dalam materi peluang. Sebagai kelas eksperimen: Pendekatan CTL berbasis learning community yaitu siswa memperoleh pengetahuan dengan menerapkan materi melalui kehidupan nyata, hasil belajar didapat dari sharing antar anggota kelompok, bekerja sama dengan orang lain, dan pembelajaran dilakukan dengan learning by doing. Kelas kontrol: pendekatan deduktif yaitu guru memberikan informasi suatu konsep dan memberikan contoh-contoh soal. Hipotesis penelitian: ?Hasil belajar matematika siswa dalam materi peluang melalui pendekatan CTL berbasis learning community lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan deduktif?. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Ciledug Kelas XI (sebelas) pada semester ganjil tahun pelajaran 2008-2009. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas: pendekatan CTL berbasis learning community dan pendekatan deduktif. Variabel terikat: hasil belajar matematika. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan Point Biserial didapat 21 soal yang valid dan 9 soal yang tidak valid. Uji reliabilitas dengan K-R 20 didapat rhitung = 0,871 > 0,312 = rtabel, maka instrumen reliabel. Uji normalitas menggunakan uji lilliefors. Untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,060 < 0,161 = Ltabel, sedangkan kelas kontrol didapat Lhitung = 0,081 < 0,161 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji fisher, diperoleh Fhitung = 1,47 < 1,86 = Ftabel, dapat disimpulkan populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji ? t didapat thitung = 4,16 > 2,002 = ttabel, dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan hasil belajar matematika siswa dalam materi peluang melalui pendekatan CTL berbasis learning community lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan deduktif.