Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara Disiplin Belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Jakarat pada semester II tahun pelajaran 2008-2009, sample diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 40 siswa dari 200 siswa yang berasal dari seluruh siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasi. Variabel bebas (X) adalah disiplin belajar dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar matematika siswa. Data yang dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, kemudian uji lenearitas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat Lhitung = 0,099 < 0,140 = Ltabel dan untuk variabel terikat didapat Lhitung = 0,092 < 0,140 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linear diperoleh Ŷ= -0,394 + 0,091 X. Uji linearitas diperoleh Fhitung = 0,581 < 2,413 = F(0,95)(25,13), sehingga model regresi adalah linear, artinya terdapat hubungan yang linear dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 7,66 > 4,10 = F(0,95)(1,38), berarti model regresi signifikan. Koefisien korelasi variabel X dan Y yang dihitung dengan analisis korelasi product moment, diperoleh rxy = 0,410. Selanjutnya menghitung keberartian korelasi menggunakan uji tstudent, dari rxy = 0,410 didapat thitung = 2,77 > 2,02 = t(1-½α)(n-2) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak maka terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika. Koefisien determinasi r2 = 0,1681, hal ini berarti disiplin belajar memberikan kontribusi sebesar 16,81% terhadap hasil belajar matematika siswa.