Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan alat peraga dengan tidak menggunakan alat peraga. Hipotesis penelitian: ?Terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan alat peraga dengan tidak menggunakan alat peraga?. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Daru I Tangerang Kelas IV (empat) pada semester genap tahun pelajaran 2009-2010. Sampel yang diteliti sebanyak 75 peserta didik yang terdiri dari 38 peserta didik kelas eksperimen dan 37 peserta didik kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas: menggunakan alat peraga dengan tidak menggunakan alat peraga. Variabel terikat: hasil belajar matematika peserta didik. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan Point Biserial didapat 28 soal yang valid dan 12 soal yang tidak valid. Uji reliabilitas dengan K-R 20 didapat rhitung = 0,904 > 0,361 = r0,05(30), maka instrumen reliabel. Uji normalitas menggunakan uji Lilliefors. Untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,070 < 0,144 = L0,05(38), sedangkan kelas kontrol didapat Lhitung = 0,101 < 0,146 = L0,05(37), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sample berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, diperoleh Fhitung = 1,054 < 1,734 = F0,05(36,37), dapat disimpulkan bahwa sampel dua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapat thitung = 6,372 > 1,993 = t0,975(73), dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0 atau terima H1, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan alat peraga dengan tidak menggunakan alat peraga.