Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan teknik sempoa dengan teknik susun. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang diajar menggunakan teknik sempoa dengaan teknik susun?. Penelitian ini dilaksanakan di SDN PEGANGSAAN DUA 06 PAGI KELAPA GADING tahun pelajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple total sampling dengan sampel penelitian sebanyak 60 siswa yang terdiri dari kelas I A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan dari kelas I B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data mengunakan instrumen penelitian berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 28 soal dengan tiga pilihan yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda instrumennya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan Uji-t, pada taraf signifikan α = 0,05. Uji persyaratan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji lilliefors untuk normalitas dan uji-F untuk homogenitas. Untuk kelas eksperimen di dapat Lhitung = 0,052 dan Ltabel = 0,162. Sedangkan kelas kontrol di dapat harga Lhitung = 0,093 dan Ltabel = 0,162. Karena Lhitung < Ltabel, berarti H0 diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji-F untuk homogenitas diperoleh Fhitung = 1,000 berada diantara 0,538 dan 1,858, dengan demikian kedua kelas tersebut adalah homogen setelah diberikan perlakuan. Dari analisis data diperoleh harga thitung = 2,358 sedangkan ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58 didapat harga ttabel = 2,002. Karena thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dengan kata lain menerima hipotesis alternatif H1 yang menyatakan bahwa, hasil belajar matematika siswa dengan teknik sempoa lebih tinggi dibandingkan melalui teknik susun. belajar matematika siswa yang diajar menggunakan teknik sempoa dengan teknik susun.Simpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa dapat dibandingkan hasil