Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil kompetensi guru dalam pembelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 21 Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 21 Bekasi, pada bulan Juli 2008. Subjek penelitian ini adalah guru-guru IPA SMP Negeri 21 Bekasi sebanyak 5 orang berdasarkan pengalaman mengajar IPA Biologi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah daftar pertanyaan berupa angket dan tes soal pilihan ganda. Sebelum instrument digunakan maka instrument harus terlebih dahulu diuji coba dengan cara di judgement oleh pakar atau ahli. Hasil dari nilai rata-rata kompetensi yang dimiliki guru IPA Biologi di SMP Negeri 21 Bekasi adalah 76,33% yang berarti memiliki kompetensi yang tergolong baik. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan penguasaan materi, struktur, dan konsep Biologi adalah 61,77% yang berarti kemampuan guru IPA Biologi dalam penguasaan materi, struktur, dan konsep Biologi adalah baik. Untuk mengetahui hubungan antara kompetensi guru dengan kemampuan penguasaan konsepnya digunakan korelasi product moment diperoleh nilai r sebesar 0,593 yang menunjukkan antara kompetensi guru dengan kemampuan penguasaan konsepnya tergolong cukup. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa profil kompetensi guru IPA Biologi di SMP Negeri 21 Bekasi adalah baik dilihat dari nilai kompetensi guru dan kemampuan dalam penguasaan materi, struktur, dan konsep Biologi.