Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika peserta didik dengan pendekatan matematika realistik dan pendekatan deduktif. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: ?Terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik dengan pendekatan matematika realistik dan pendekatan deduktif?. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sudimara 6 Ciledug kelas IV pada semester ganjil tahun pelajaran 2009-2010. Sampel yang diteliti sebanyak 60 peserta didik yang terdiri dari 30 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes objektif berbentuk uraian sebanyak 11 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji lilliefors serta uji homogenitas dengan uji fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat L0 = 0,046 < 0,161 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol L0 = 0,084 < 0,161 = Ltabel , maka kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,054 < 1,850 = Ftabel, maka kedua sampel tersebut homogen. Uji analisis data dengan taraf signifikansi α = 0,05 didapat thitung = 4,056 > 2,040 = ttabel . Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik dengan pendekatan matematika realistik dan pendekatan deduktif.