Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ? Terdapat pengaruh penggunaaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karang Tengah 11 Tangerang kelas V (lima) pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan alat peraga sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation didapat 29 soal yang valid dan 11 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20 sebesar 0,840. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,081 < 0,161 = L0,05 (30) sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,068 < 0,161 = L0,05(30), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,094 < 1,858 = F0,025(29,29), hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung = 2,333 > 2,002 = t0,975(58) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa.