Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kinerja dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Biologi di kelas IV SD Negeri CIBULUH VI pada materi pokok perubahan lingkungan (erosi tanah). Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri CIBULUH VI yang berjumlah 38 orang. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari 2 instrumen yakni lembar observasi kinerja yang terdiri dari lembar observasi kinerja dalam bentuk individual dan lembar observasi kinerja dalam bentuk kelompok serta tes hasil belajar yang terdiri dari 23 soal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional yaitu studi hubungan atau studi korelasional yang meneliti hubungan antara 2 variabel atau lebih dan hanya menunjukkan asosiasi atau hubungan kesejajaran. Pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan hasil perhitungan didapat koefisien korelasi sebesar ? 0,18. Korelasi negatif yang menunjukkan hubungannya sangat rendah. Tes linieritas regresi dengan menghitung nilai F dari daftar F0,99 diperoleh nilai sebesar 2,01, yang menyatakan Ftc ≤ F0,99 maka regresi tersebut tergolong linier. Pada ά = 0,05 dengan df = 38 ? 2 = 36 diketahui nilai r pada tabel H apendiks F adalah 0,320, hal ini berarti hipotesis nol diterima yang berarti tidak ada hubungan antara kinerja dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Biologi pada materi pokok perubahan lingkungan (erosi tanah) di SDN CIBULUH VI Bogor. Hasil analisis regresi linier memperoleh persamaan : Y = 67,09 ? 0,17 X. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kinerja dengan hasil belajar siswa tidak ada hubungan.