Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media torso terhadap hasil belajar biologi siswa di SMA Harapan Jaya 2 Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dilakukan di SMA Harapan Jaya 2 Tangerang pada semester I tahun ajaran 2008/2009. Sampel diambil pada siswa kelas XI/IPA sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar diperoleh dari instrumen tes dengan pokok bahasan Sistem Gerak Manusia sebanyak 25 butir soal, berupa tes objektif pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban yaitu A, B, C dan D. . Instrumen tersebut terlebih dahulu diuji cobakan terhadap 30 orang siswa di luar sampel yang telah ditentukan. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi biserial dengan 21 butir soal valid dan 4 soal tidak valid. Reliabilitas dihitung menggunakan rumus Spearman-Brown dengan hasil r11 = 0,913 > 0,361 = tabel r , berarti secara keseluruhan instrument penelitian ini reliable dan layak untuk digunakan. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan 21 instrumen penelitian yang telah valid, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen adalah 55,1 dan standar devias 11,7. sedangkan nilai rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas control adalah 40,1 dan standar deviasi 12,9. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian prasyarat analisis dengan pengujian normalitas melalui uji chi kuadrat ( ²) diperoleh harga ²hitung pada kelas eksperimen 4,78 dan ²hitung pada kelas kontrol 9, ² tabel pada = 0,01, db = 3 adalah 11,3. karena ²hitung < ²tabel maka data kedua kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal. Uji homogenitas terhadap dua kelompok sampel menggunakan uji Fisher atau uji F dan diperoleh Fhitung = 2,18, sedangkan Ftabel = 2,39 pada = 0,01 adalah F0,01 (29/29) = 2,38 karena Fhitung < Ftabel 0,01 (29/29) maka dapat disimpulkan kedua sampel tersebut homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan statistik uji t pada taraf signifikan = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh harga t hitung = 4,61 sedangkan t tabel dengan derajat kebebasan (db) = 58 dan = 0,05 adalah 2,01, sehingga t hitung > t tabel. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media torso mempengaruhi hasil belajar biologi siswa di SMA Harapan Jaya 2 Tangerang.