Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penggunaan strategi pembelajaran induktif pada materi ekosistem terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 14 Tangerang-Banten. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Tangerang- Banten yang berjumlah 453 siswa dalam 10 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas untuk dijadikan sampel sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditentukan dengan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal-soal yang mengukur hasil belajar yang terdiri dari 40 soal. Sebelum instrumen digunakan instrumen terlebih dahulu diperiksa dan dikonsultasikan kepada pembimbing I dan II. Uji coba instrumen dilakukan di kelas IX untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Analisis data diuji menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan, kelompok kontrol nilai rata-rata (x) hasil belajar = 11,35 dengan standar deviasi (s) = 4,11. Sedangkan kelompok eksperimen nilai rata-rata (x) hasil belajar = 19,03 dengan standar deviasi = 5,03. Hasil perhitungan, didapat thitung = 6,98. Nilai thitung tersebut berada diluar interval ?t0,995 < t < t0,995. Karena t0,995(70) pada daftar tercatat ±2,66. Dengan demikian, dapat disimpulkan penggunaan strategi pembelajaran induktif dalam biologi pada materi ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 14 Tangerang-Banten.