Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh Macromedia Flash terhadap hasil belajar matematika siswa. Sebagai kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan Macromedia Flash. Macromedia Flash adalah media yang digunakan pada saat pembelajaran matematika. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ?Terdapat pengaruh penggunaaan Macromedia Flash terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 19 Jakarta Kelas XI IPS (sebelas IPS) pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan Macromedia Flash sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa pada subpokok bahasan peluang. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation didapat 25 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20 sebesar 0,906. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,131 < 0,161 = L0,05(30) sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,102 < 0,161 = L0,05(30), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh F0.975(29,29) = 0,538 < Fhitung = 1,535 < 1,858 = F0,025(29,29), hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung = 3,485 > 2,002 = t0,975(58) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaaan Macromedia Flash terhadap hasil belajar matematika siswa.