Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Dua Tinggal Dua Tamu terhadap hasil belajar biologi siswa pada pokok bahasan ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 90 Jakarta, pada bulan April ? Mei 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan menggunakan model desain Randomized Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 90 Jakarta yang berjumlah ± 360 siswa dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas untuk dijadikan sampel sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditentukan dengan cluster random sampling. Alat evaluasi yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Sebelum digunakan sebagai instrumen penelitian, tes diujicobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Soal yang diujicobakan berjumlah 50 soal dan soal yang digunakan sebagai instrumen penelitian berjumlah 30 soal. Analisis data menggunakan uji prasyarat data dengan mencari normalitas dan homogenitas. Analisis hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t? pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata hasil belajar yaitu 18,87 dengan standar deviasi 11,07. Sedangkan kelompok kontrol nilai rata-rata hasil belajar yaitu 13,41 dengan standar deviasi 5,92. Hasil perhitungan, di dapat t?hitung = 2,74. Nilai t?hitung tersebut berada diluar interval ?t0,975 < t < t0,975. Karena t1 = t 0,975(39) = 2,02 dan t2 = t 0,975(38) = 2,02 sehingga di dapat Nkt? yaitu 2,02. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Dua Tinggal Dua Tamu terhadap hasil belajar biologi siswa pada pokok bahasan ekosistem.