Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kebiasaan berdiskusi dengan hasil belajar matematika peserta didik pada aplikasi soal cerita. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan kebiasaan berdiskusi dengan hasil belajar matematika peserta didik pada aplikasi soal cerita?. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tambun Selatan pada semester satu (ganjil) tahun pelajaran 2009/2010. Sampel diambil secara simple random sampling dengan mengambil 32 peserta didik Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasi. Instrumen kebiasaan berdiskusi (variabel X) menggunakan angket dengan skala Likert, sedangkan untuk instrumen hasil belajar matematika peserta didik pada aplikasi soal cerita (variabel Y) menggunakan tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda (multiple choice). Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen yang menggunakan angket diujicobakan kepada 33 siswa dalam populasi selain responden, dan dari hasil uji coba diperoleh 28 item angket valid dari 40item, sedangkan instrumen hasil belajar matematika diujicobakan kepada 33 siswa dan diperoleh 21 soal yang valid dari 30 soal. Untuk pengujian reliabilitas kuesioner diujicobakan kepada 33 siswa dan diperoleh r11 = 0,84 > 0,344 = rtabel, sedangkan tes hasil belajar matematika pada aplikasi soal cerita yang diujikan kepada 33 siswa diperoleh r11 = 1,039 > 0,344 = rtabel, sehingga tes ini reliabel dan layak digunakan. Analisis data dilakukan dengan uji kenormalan atau uji lilliefors, uji linieritas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varian (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk data variabel X diperoleh Lhitung = 0,0785 < 0,1566 = Ltabel dan data variabel Y diperoleh Lhitung = 0,1057 < 0,1566 = Ltabel, maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ = 73,273 - 0,0212 X. Untuk uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung = 0,86 < 2,675 = Ftabel sehingga dapat disimpulkan model regresi tersebut linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel . uji keberartian regresi didapat Fhitung = 0,0083 < 4,17 = Ftabel , maka dapat disimpulkan model regresi tidak signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment diperoleh rxy = -0,0165 atau 0xyryang berarti H0 diterima, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan berdiskusi dengan hasil belajar matematika peserta didik pada aplikasi soal cerita. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,00027225 artinya hanya 0,027225 % kontribusi kebiasaan berdiskusi dengan hasil belajar matematika peserta didik pada aplikasi soal cerita.