Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi khususnya pada pokok bahasan Kingdom Monera sub pokok Eubacteria siswa kelas X SMA antara yang menggunakan metode pembelajaran berbasis audio visual dengan metode pembelajaran eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 18 Jakarta Selatan, pada bulan Oktober 2010. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 18 Jakarta Selatan sebanyak 90 orang yang terbagi atas dua kelas yaitu kelas X-1 dan X-3, dimana kelas X-1 diajar menggunakan metode berbasis audio visual dan kelas X-3 diajar menggunakan metode eksperimen. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Sebelum digunakan instrumen terlebih dahulu diuji coba validitas, taraf kesukaran dan daya pembeda sebanyak 35 butir soal dengan materi Eubacteria pada kelas XI IPA. Hasil nilai rata-rata pada metode pembelajaran Biologi berbasis audio visual adalah 19,3 adapun skor tertinggi yang diperoleh adalah sebesar 28 dan skor terendah adalah sebesar 10. Sedangkan metode pembelajaran Biologi eksperimen atau praktikum didapatkan nilai rata-ratanya sebesar 18 adapaun skor tertinggi yang diperoleh adalah sebesar 24 dan skor terendah adalah sebesar 10. Dari hasil penelitian dilihat dari nilai rata-ratanya dapat disimpulkan bahwa kedua metode pembelajaran Biologi tersebut terdapat perbedaan, yaitu metode pembelajaran Biologi berbasis audio visual lebih baik dibanding metode pembelajaran Biologi eksperimen. iii