Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan media komputer microsoft power point terhadap hasil belajar matematika siswa. Hipotesis penelitian: ? Terdapat pengaruh media computer microsoft power point terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok.?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 23 Tangerang Kelas VIII (delapan) pada semester genap tahun pelajaran 2009-2010. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas control. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas: Penggunaan media komputer microsoft power point. Variabel terikat: Hasil belajar matematika siswa. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan point biserial didapat 28 soal yang valid dan 12 soal yang tidak valid. Uji reliabilitas dengan K-R 20 didapat rhitung = 0,868 > 0,329 = rtabel, maka instrumen reliabel. Uji normalitas menggunakan uji lilliefors. Untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,114 < 0,161 = Ltabel, sedangkan kelas kontrol didapat Lhitung = 0,111 < 0,161 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sample berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, diperoleh Fhitung = 1,351 < 1,858 = Ftabel, dapat disimpulkan sampel dua data tersebut berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-test didapat thitung = 5,301 > 1,671 = ttabel, dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media komputer Microsoft power point terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok.