Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bentuk tes dengan hasil belajar biologi pokok bahasan sistem pada makhluk hidup siswa SMA Negeri 1 Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Deskriptif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Tigaraksa Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2009-2010. Sampelnya adalah siswa kelas XI SMA Tangerang yang berjumlah 40 siswa. Data yang dikumpulkan dengan lembaran soal untuk Tes objektif dan Tes essai. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi linier antara 2 variabel. Nilai rata-rata kelas tes objektif 51,13 dan tes essai 64,95, korelasi pada pokok bahasan sistem respirasi tergolong rendah (r = 0,23). Pada pokok bahasan sistem ekskresi nilai rata-rata kelas tes objektif 59,13 untuk tes essai 69,9, korelasi pada pokok bahasan sistem ekskresi tergolong sangat rendah (r = 0,04). Pokok bahasan sistem koordinasi, nilai rata-rata tes objektif 51,25 dan tes essai 54,15, korelasi pada pokok bahasan sistem koordinasi tergolong sangat rendah (r = 0,03). Dapat disimpulkan bahwa hubungan antara bentuk tes objektif dan tes essai pada pokok bahasan sistem pada makhluk hidup yang terdiri dari sistem respirasi, ekskresi dan koordinasi, hubungannya tergolong rendah bahkan sangat rendah.