Abstrak
Permasalahan tentang rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA disebabkan oleh beberapa faktor antara lain model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap prestasi belajar IPA pada pokok bahasan sistem eksresi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2009 di SMP Negeri 245 Jakarta kelas IX-1 dan IX-2 masingmasing kelas terdiri dari 30 siswa dan peneliti sebagai guru. Pengukuran dalam penelitian ini dengan menggunakan alat evaluasi berupa tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan Uji-t pada taraf signifikan 1 %. Persyaratan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji Normalitas dengan Uji Chi-Kuadrat (X2). Uji homogenitas dengan menggunakan Uji Fisher (F). Berdasarkan hasil analisis pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw diketahui bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan dan setelah dianalisis dengan menggunakan uji t didapat bahwa thit > ttab yaitu -3,53>2,664 . Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa pada pokok bahasan sistem eksresi. iii