Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas X di MAN 12 Jakarta pada semester genap tahun pelajaran 2009-2010. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random Sampling). Dengan mengambil 35 siswa dari 175 siswa yang berasal dari seluruh siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik kolerasi. Variabel bebas (X) adalah disiplin belajar dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar matematika siswa. Uji validitas Tes (X) menggunakan rumus kolerasi product moment, didapat 26 soal yang valid dan 4 soal yang tidak valid. Sedangkan uji reliabilitas Tes (X) dengan rumus alpha diperoleh rhitung = 0,890 > 0,334 = r(0,05,35), maka dapat disimpulkan bahwa Tes (X) reliabel. Uji validitas Tes (Y) menggunakan rumus point biserial, didapat 25 soal valid dan 15 soal tidak valid. Uji reliabel Tes (Y) dengan rumus K-R 20 diperoleh rhitung = 0,876 > 0,334 = r(0,05,35), maka dapat disimpulkan bahwa Tes (Y) reliabel. Data dianalisis menggunakan uji persyaratan yaitu normalitas dan uji liliefors, uji linieritas dan uji keberartian regresi menggunakan analisis varians (ANAVA). Pengujian normalitas untuk (X) didapat Lhitung = 0,095 < 0,150 = L(0,05,35), dan untuk (Y) didapat Lhitung = 0,075 < 0,150 = L(0,05,35), maka dapat disimpulkan sampel berdistribusi normal. Perhitungan regresi linear diperoleh Ŷ = 1,845 + 0,156 X. Hasil perhitungan uji linieritas diperoleh Fhitung = 0,422 < 2,460 = F(0,95)(20,13), sehingga model regresi adalah linier artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 33 > 4,140 = F(0,95)(1,33), berarti model regresi signifikan. Koefisien kolerasi variabel X dan Y yang dihitung dengan analisis kolerasi product moment diperoleh rxy = 0,512. Selanjutnya menghitung keberartian kolerasi dengan menggunakan uji t-student dari rxy = 0,512 didapat thitung = 3,421 > 2,034 = dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak, maka terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi r2 = 0,262 hal ini berarti disiplin belajar memberikan kontribusi 26,2% terhadap hasil belajar matematika siswa.