Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan konsep dasar IPA Biologi dengan keterampilan proses sains (KPS) pada guru SD kelas 4, 5 dan 6 di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru IPA SD kelas 4, 5 dan 6 di seluruh Sekolah Dasar Negeri yang berada di Kepulauan Seribu tahun ajaran 2010. Sampelnya adalah seluruh guru IPA SD Kelas 4, 5 dan 6 di SD Negeri Kepulauan Seribu yang berjumlah 14 guru. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif yang dibuat oleh peneliti. Untuk soal penguasaan konsep dasar IPA Biologi dan KPS masing-masing berjumlah 30 soal yang digunakan untuk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara penguasaan konsep dasar IPA Biologi dengan keterampilan proses sains di seluruh SD Negeri Kepulauan Seribu tergolong cukup, terlihat dari tingkat keeratan hubungan antara penguasaan konsep Dasar IPA Biologi dengan KPS yang tergambar dari harga r = 0,65. iii