Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pertanyaan dengan kualifikasi yang berbeda dalam metode tanya jawab dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode tanya jawab. Pertanyaan dengan kualifikasi yang berbeda yakni pertanyaan yang memiliki level C1 sampai C4 (ingatan, pemahaman, aplikasi, dan analisis). Pertanyaan memiliki fungsi untuk mengevaluasi kegiatan belajar yang telah berlangsung. Dalam penelitian ini digunakan pertanyaan yang berbeda pada kelas eksperimen 1 berlevel C1 dan C2, sedangkan pada kelas eksperimen 2 menggunakan pertanyaan yang berlevel C3 dan C4. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 18 Tangerang yang berlangsung dari bulan April sampai bulan Mei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok kelas yang diberi pertanyaan C3 dan C4 ternyata memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang diberi pertanyaan berlevel C1 dan C2. Hal ini menunjukkan bahwa pertanyaan yang menuntut siswa untuk dapat mengaplikasikan dan menganalisis suatu masalah telah melibatkan mental siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ternyata penggunaan metode tanya jawab dengan pertanyaan yang berlevel C3 dan C4 pada sub pokok bahasan ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar siswa.