Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara siswa yang diajar menggunakan Kalkulator dengan siswa yang diajar dengan menggunakan Keterampilan berhitung. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan keterampilan berhitung dengan yang menggunakan Kalkulator. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 82 Jakarta Barat tahun pelajaran 2007/2008. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda instrumennya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan Uji-t, pada taraf signifikansi α = 0,05. Uji persyaratan analisis data hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Lilliefors untuk normalitas dan uji-Fisher untuk homogenitas. Untuk kelas eksperimen di dapat Lhitung = 0,0125 dan Ltabel = 0,161. Sedangkan kelas kontrol di dapat harga Lhitung = 0,112 dan Ltabel = 0,161. Karena Lhitung lebih kecil dari Ltabel, berarti hipotesis nol diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji-F untuk homogenitas diperoleh Fhitung = 1,231 dan F0,05 (29:29) = 0,538 dan F0,975 (29:29) = 1,858 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Mengingat F0,975 = 0,538 < Fhitung = 1,231 < 1,858 = F0,025, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai varians yang sama. Dengan demikian kedua kelas tersebut adalah homogen setelah diberikan perlakuan. Dari perhitungan uji-t diperoleh harga thitung = 2,358 sedangkan ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58 didapat harga ttabel = 2,002. Hal ini berarti thitung = 2,358 > 2,002 = ttabel yang berarti H0 ditolak dengan kata lain menerima hipotesis alternatif H1 yang menyatakan bahwa, terdapat perbedaan penggunaan kalkulator dengan hasil belajar dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Keterampilan Berhitung lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan tidak menggunakan Kalkulator.