Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika peserta didik dengan metode investigasi kelompok dan metode pemberian tugas. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: ?Terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik dengan metode investigasi kelompok dan metode pemberian tugas?. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ibu Pertiwi 2 Jakarta kelas X akuntasi, pada semester genap tahun pelajaran 2009-2010. Sampel yang diteliti sebanyak 74 peserta didik yang terdiri dari 38 peserta didik kelas eksperimen dan 36 peserta didik kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data mengunakan instrumen penelitian berupa tes objektif berbentuk uraian sebanyak 10 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji lilliefors serta uji homogenitas dengan uji fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,0678 < 0,1437 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,0618 < 0,1477 = Ltabel , maka kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,407 < 1,748 = Ftabel, maka kedua sampel tersebut homogen. Uji analisis data dengan taraf signifikansi α = 0,05 didapat thitung = 2,996 > 1,996 = ttabel . Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika peserta didik dengan metode investigasi kelompok dan metode pemberian tugas.