Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Antara yang Diberi Tes Esai dengan Objektif Pilihan Ganda di SMP Negeri 188 Jakarta pada pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 188 Jakarta, yang berjumlah 168 siswa dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas untuk dijadikan sampel sebagai kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yang ditentukan dengan sample random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal-soal untuk mengukur hasil belajar yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 10 soal esai. Sebelum instrument digunakan instrumen terlebih dahulu diperiksa dan dikonsultasikan kepada pembimbing I dan II. Uji coba instrumen dilakukan di kelas VIII untuk mengetahui validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Analisis data diuji menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan, kelompok eksperimen I nilai rata-rata (x) hasil belajar = 73,32 dengan standar deviasi = 8,61. Sedangkan kelompok eksperimen II nilai rata-rata (x) hasil belajar = 65,21 standar deviasi = 6,20. Hasil perhitungan, didapat thitung = 4,38. Nilai thitung tersebut berada di luar interval t0,995 < t < t0,995. Karena t0,995(64) pada daftar tercatat ± 2,66. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang di akhir proses pembelajaran diberikan tes esai lebih baik dari siswa yang diberikan tes objektif pilihan ganda, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA Biologi siswa antara yang diberi tes esai dengan tes objektif pilihan ganda di SMP Negeri 188 Jakarta .