Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan keterampilan proses siswa di SMA Negeri 12 Tangerang dengan SMA Budi Mulia, Sub Rayon III Kota Tangerang dengan menggunakan metode deskriptif komparatif. Populasi penelitian ini adalah 120 siswa SMA Negeri 12 Tangerang dan 97 siswa SMA Budi Mulia, Sub Rayon III Kota Tangerang. Sampel penelitian diambil 1 kelas dari masing-masing sekolah untuk dijadikan sebagai perbandingan yang ditentukan dengan sampel random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal-soal keterampilan proses yang terdiri dari 38 soal. Analisis data menggunakan uji statistik non parametrik yakni, uji wilcoxson. Hasil penelitian menunjukkan, nilai rata-rata kemampuan keterampilan proses di SMA Negeri 12 Tangerang = 64,74 SMA Budi Mulia = 60,26 Whitung = 4 W0,01(31) = 116,59. Kesimpulannya penguasaan kemampuan keterampilan proses siswa di SMA Negeri 12 Tangerang lebih tinggi dibandingkan dengan di SMA Budi Mulya, Sub Rayon III Kota Tangerang.