Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kendali diri dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ? Terdapat hubungan antara kendali diri dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI (sebelas) SMA Negeri 31 Jakarta Timur pada semester II tahun pelajaran 2009-2010, sampel diambil secara acak sederhana (sample random sampling) dengan mengambil 30 siswa dari 210 siswa yang berasal dari kelas XI1 sampai dengan XI6. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasi. Variabel bebas (X) adalah kendali diri siswa dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar matematika. Data yang dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, kemudian uji lenearitas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat Lhitung = 0,156 < 0,161 = Ltabel dan untuk variabel terikat didapat Lhitung = 0,084 < 0,161 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linear diperoleh Ŷ = −10,733 0,313X . Uji linearitas diperoleh Fhitung = 2,16 < 2,49 = F(0,95)(7,21), sehingga model regresi adalah linear, artinya terdapat hubungan yang linear dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 44,692 > 4,20 = F(0,95)(1,28), berarti model regresi signifikan. Koefisien korelasi variabel X dan Y yang dihitung dengan analisis korelasi product moment, sehingga memperoleh rxy = 0,784. Selanjutnya meghitung keberartian koefesien dengan uji t-student diperoleh thitung = 6,690 > 2,05 = ttabel Hal ini berarti H0 ditolak maka kesimpulannya adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kendali diri dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi r2 diperoleh sebesar 0,615, hal ini berarti kendali diri memberikan kontribusi sebesar 61,5% terhadap hasil belajar matematika siswa, sedangkan 39,5% diberikan kontribusinya oleh faktor lain.