Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh media powerpoint terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan media powerpoint. Media powerpoint adalah media yang digunakan pada saat pembelajaran matematika. Hipotesis yang diajukan: ?Terdapat pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar matematika peserta didik?. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Al-Islam Cipocok Serang, kelas VII (tujuh) pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Sampel yang diteliti sebanyak 50 peserta didik yang terdiri dari 25 peserta didik kelas eksperimen dan 25 peserta didik kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pengunaan media powerpoint sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika peserta didik. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Korelasi Point Biserial didapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R.20 sebesar 0,855. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,104 < 0,173 = L0,05(25) sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh data Lhitung = 0,148 < 0,173 = L0,05(25), maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh data Fhitung = 1,129 < 1,980 = F0,05(24,24), hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengajuan hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh data thitung = 8,435 > 1,676 = t0,95(48) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar matematika peserta didik.