Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh pemberian kuis terhadap hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ? Terdapat pengaruh pemberian kuis terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan matriks dan program linear?. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Sepatan Tangerang Kelas X (sepuluh) pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Sampel yang diteliti sebanyak 71 peserta didik yang terdiri dari 36 peserta didik kelas eksperimen dan 35 peserta didik kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pemberian kuis sedangkan variable terikat adalah hasil belajar matematika. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation diperoleh 25 soal yang valid dan 15 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20 rhitung = 0,873 > 0,329 = rtabel. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,073 < 0,148 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol Lhitung = 0,099 < 0,150 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,173 < 1,767 = Ftabel, hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung = 5,407 > 1,661 = ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian kuis terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan matriks dan program linear.