Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kemampuan dalam penguasaan sistem persamaan linear dengan hasil belajar fisika pokok bahasan listrik dinamis. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ? Terdapat hubungan antara kemampuan dalam penguasaan system persamaan linear dengan hasil belajar fisika pokok bahasan listrik dinamis?. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X di SMA Negeri 5 Tangerang Selatan pada semester genap tahun pelajaran 2009-2010, sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 35 siswa dari 135 siswa yang berasal dari kelas X1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasi. Variabel bebas (X) adalah kemampuan dalam penguasaan sistem persamaan linear dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar fisika pokok bahaan listrik dinamis . Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan dalam penguasaan sistem persamaan linear dan tes hasil belajar fisika pokok bahasan listrik dinamis . Data dianalisis terlebih dahulu dengan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, kemudian uji linieritas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk variable bebas didapat Lhitung = 0,016 < 0,150 = Ltabel dan untuk variabel terikat didapat Lhitung = 0,116 < 0,150 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ = 0,332 1,150 X , Uji linearitas diperoleh Fhitung = 0,357 < 2,30 = F(0,95)(9,24), sehingga model regresi adalah linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 42,228 > 4,14 = F(0,95)(1,33), berarti model regresi signifikan. Koefisien korelasi variabel X dan Y yang dihitung dengan analisis korelasi product moment, sehingga memperoleh rxy = 0,749. Selanjutnya menghitung keberartian korelasi dengan menggunakan uji t, dari rxy = 0,749 didapat thitung = 6,498>2,024 = t (0,975,33). Hal ini berarti H0 ditolak maka terdapat hubungan yang positif antara kemampuan dalam penguasaan sistem persamaan linear dengan hasil belajar fisika pokok bahasan listrik dinamis siswa. Koefisien determinasi r2 diperoleh sebesar 0,561, hal ini berarti kemampuan dalam penguasaan sistem persamaan linear memberikan kontribusi sebesar 56,1% terhadap hasil belajar fisika pokok bahasan listrik dinamis.