Abstrak
Media Massa Online merupakan salah satu media komunikasi berteknologi tinggi yang dapat memberikan berbagai macam informasi dalam bermacam bentuk seperti tesis-tesis, berita berbagai bidang seperti berita politik, sosial, ekonomi, hukum, kriminal, olahraga, kesehatan teknologi dan mengenai flora dan fauna. Selain itu, media massa online juga menawarkan hiburan-hiburan yang menarik, misalnya Games unik, kuis, menyediakan dunia infotainment (selebritis, lifestyle, tempat-tempat pariwisata dan fashion) dan musik. Dengan banyaknya content-content yang telah disediakan oleh Media Massa Online secara otomatis munculnya beragam motif dan banyak pula terpenuhinya motif yang ingin dicari oleh pengguna (responden).
Pada penelitian ini, penulis mengangkat tema penelitian dengan judul ? Motif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Mengakses Media Massa Online?. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratifications dan Social Categories Theory.
Adapun jenis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dan metodologi yang digunakan adalah survey. Kegiatan survey dilakukan dengan mengukur motif yang mendorong, dalam hal ini adalah Mahasiswa-Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) menggunakan Media Massa Online.
Gambaran umum dari inti penelitian ini yakni Motif mengakses Media Massa Online tersebut. Dari hasil penelitian menggambarkan bahwa Motif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Mengakses Media Massa Online karena ?ingin terhibur agar dapat bersantai dengan mendengarkan Musik melalui Media Massa Online?.
Sebagai kesimpulan akhir, pada penelitian ini bahwasanya para Mahasiswa FISIP-UHAMKA mengakses Media Massa Online semata-mata hanya ingin mencari Hiburan oleh karena itu, mahasiswa tersebut kurang begitu berminat untuk mengakses Media Massa Online. Seharusnya, para Mahasiswa FISIP, memanfaatkan content-content Media Massa Online untuk kepentingan yang paling berguna bagi dirinya.