Abstrak
Akselerasi yang dihasilkan oleh motor matik mesin empat langkah 113 cc ini dirasakan kurang responsif pada awal putaran mesin. Umumnya para mekanik hanya melakukan uji coba pengukuran peningkatan daya dan torsi serta akselerasi yang belum diketahui secara pasti. Dengan adanya hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara pasti berapakah ukuran penggerindaan poros nok (camshaft) yang paling sesuai untuk menghasilkan daya dan torsi serta akselerasi paling optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan akselerasi pada motor matik mesin empat langkah 113 cc, dimana dilakukannya penggerindaan (modifikasi) pada poros nok (camshaft) standar. Temuan dilakukan dengan mengambil data secara langsung dan dari literatur-literatur yang didapat dari website, buku panduan, dan jurnal. Penggerindaan pada poros nok (camhaft) ?A? sebesar ± 0,535 mm dan akselarasinya (percepatan) meningkat sebesar ± 33,73 % dan pada poros nok (camshaft) ?B? digerinda sebesar ± 0,725 mm dan akselerasinya (percepatan) meningkat sebesar ± 27,11 %.