Abstrak
Iklan Yamaha Jupiter MX dengan endorser Valentino Rossi bersama Komeng di Televisi, ingin membentuk image kalau ingin balap sekencang atau sejago Rossi Jupiter MX pilihannya pasti yang lain makin ketinggalan. Image Valentino Rossi terlihat megah dan besar, ditambah lagi dengan kefafanatikan para Fans nya yang kuat dengan begitu peneliti tertarik untuk meneliti adanya kegiatan P.T. Yamaha melakukan promosi iklan produk Yamaha Jupiter MX di televisi menggunakan Valentino Rossi sebagai endorser, apakah image Valentino Rossi mampu mempengaruhi brand image dan apakah ?Pencitraan? yang dilakukan akan berhasil membuktikan bahwa Jupiter MX pantas meraih penghargaan dan membawa citra atau image yang berkualitas dibenak masyarakat?
Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori behaviorisme, S-O-R (Stimulus-Organisme-Respon), dan Modeling.
Pada penelitian ini penulis menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksplanatif.
Dalam penelitian ini hasil analisis endorser sedang pada Valentino Rossi, akan tetapi citra merek tetap baik dimata responden, berarti adanya faktor lain yang beranggapan baik pada citra merek Yamaha Jupiter MX, karena memang Yamaha Jupiter MX merupakan kendaraan inovasi dari P.T. Yamaha yang merupakan produk salah satu jajaran teratas di Indonesia dan terkenal, Brandnya sudah popular atau familiar di benak masyarakat cukup baik dimata responden. endorser berpengaruh pada citra merek jika endorser disukai citra akan lebih tinggi. Citra merek Yamaha Jupiter MX dengan keunggulannya yang irit harus diperhatikan kembali karena banyaknya penyataan yang tidak setuju dan ini bisa menjadi masukan pada produk tersebut untuk memperbaiki lagi kualitas nyata produk, bukan hanya dari segi komersial saja pada iklan Jupiter MX di televisi.