Abstrak
Kegiatan komunikasi selalu terjadi dalam kehidupan sehari -hari, terutama dalam kegiatan periklanan,bagi Periklanan dalam melaksanakan fungsi dan kegiatannya, berpusat pada komunikasi. Penulis mengambil judul Wisudawan Monyet Dalam Iklan dengan menggunakan teori ideologi untuk mengetahui ideologi apa yang terkandung dalam iklan dan teori Semiotika untuk membongkar makna konotatif dan denotatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang artinya peneliti berangkat dari sejumlah teori, konsep, juga asumsi sebelum melakukan pengumpulan data lapangan. Setelah sejumlah data diperoleh dari observasi, wawancara mendalam, dan studi kepustakaan, kemudian hasilnya dianalisis menggunakan metode semiotika Roland Barthes Teknik analisis data menggunakan metode analisis semiotika signifikasi Roland Barthes dengan menentukan makna denotatif, kemudian mencari tahu yang mana penanda dan petanda untuk selanjutnya mencari tahu makna konotatif iklan tersebut dan kemudian akan dideskripsikan oleh penulis. Dari hasil penelitian diketahui bahwa iklan ini mempunyai makna denotatif dan konotatif yang beragam serta mitos monyet dalam iklan tersebut digambarkan licik dan suka berbuat curang, kemudian penulis mengas umsikan bahwa ideologi tersembunyi dalam iklan ini adalah ideologi Idealisme yang berusaha mengajak masyarakat untuk mempercayai sesuatu bahwa tindakan penjualan ijazah adalah ilegal dan Kapitalisme pendidikan seperti jual beli gelar akademik ilegal yang berhubungan erat dengan institusi pendidikan.