Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil kemampuan menulis teks pidato antara siswa kelas X.2 dengan siswa kelas X.4, bertempat di SMA Negeri 3 Cilegon. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif tentang kemampuan menulis pidato antara siswa kelas X.2 dengan kelas X.4, lalu dilihat perbedaan kemampuan kedua kelompok tersebut dengan cara mengadakan tes kemampuan menulis teks pidato. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Cilegon yang terdiri dari 6 kelas (X.1 s/d X.6). Sampel penelitian ini adalah kelas X.2 dan X.4 yang berjumlah 78 orang. Penulis mengambil dua kelas yaitu kelas X.2 dan kelas X.4, karena nilai bahasa Indonesia kelas X.2 dan kelas X.4 lebih baik dibanding kelas lain nilai mereka juga berada di atas Standar Ketentuan Minimal (SKM). Dari 78 orang tersebut dipilih lagi secara random dengan menggunakan lintingan kertas sebanyak 60 orang. 30 siswa kelas X.2, 30 orang dari kelas X.4. Dari hasil pengujian dan perhitungan dengan menggunakan t tes, nilai t hitung = 4,26 dan t tabel = 2,00 pada taraf signifikansi 0,05, maka t hitung lebih besar dari t tabel (4,26 > 2,00) artinya HI diterima, berarti ada perbedaan antara hasil kemampuan menulis teks pidato antara siswa kelas X.2 dengan siswa kelas X.4 SMA Negeri 3 Cilegon. Hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi bahwa pelajaran pidato di kelas X.4 rendah. Dengan demikian pelajaran tentang pidato di kelas X.4 dapat ditingkatkan, walaupun berdasarkan nilai rata-rata sudah berada di atas Standar Ketentuan Minimal (SKM).