Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia dengan kemampuan membaca cepat siswa kelas 3 SD Negeri Kunciran 7 Pinang Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan sampel sebanyak 38 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan kosakata dalam bentuk pemberian tes objektif dan tes kelancaran membaca wacana. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment pada taraf signifikansi 0,05. Dari perhitungan tersebut diperoleh koefisien korelasi sebesar R=0,599. Sedangkan pada taraf 0,05 dari daftar koefisien korelasi product moment dengan dk =36 didapat nilai t tabel 0,3246. Dengan demikian t hitungan > dari t tabel. Kesimpulan dari dua variabel itu adalah terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata Bahasa Indonesia dengan kemampuan membaca siswa. Hasil penelitian ini juga mengidikasikan bahwa guru yang mengajar pelajaran Bahasa Indonesia perlu lebih memotivasi siswa dalam menguasai kosakata untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.