Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis karangan bebas siswa Sekolah Dasar. Populasi penelitan ini adalah seluruh siswa SDN Jombang Tengah II Ciputat yang berjumlah 300 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 orang, ditentukan dengan purposive sampling. Hasil analisis penelitian mengemukakan, hasil tes awal sebesar 1873 dengan rata-rata 62,43 dan hasil tes akhir sebesar 2092 dengan rata-rata 69,73. Hasil penghitungan dengan menggunakan uji t One Group Design ( desain 2 ) menunjukan bahwa diperoleh t hitung sebesar 6,5. Dari tabel signifikansi 0,05 diperoleh hasil sebesar 2,045. Berdasarkan hasil penghitungan tersebut diketahui bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel (6,5>2,045). Hasil analisis penelitian mengungkapkan bahwa media gambar berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis karangan bebas siswa Sekolah Dasar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis karangan bebas siswa kelas III SDN Jombang Tengah II Ciputat