Abstrak
Tes ini bertujuan untuk mengetahui butir-butir soal yang berkualitas baik dan buruk yang dinilai dari segi tingkat kesukaran, daya pembeda dan pola jawaban soal. Tes ini dilaksanakan pada bulan Desember 2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik yaitu dengan cara melakukan analisis kuantitatif dengan menghitung tingkat kesukaran (TK), daya pembeda (DP) dan dalam memprediksi penyebab kelemahan butir soal. Populasi dalam penelitian ini seluh siswa kelas V SDN 01 Duri Kosambi yang berjumlah 50 murid. Penulis menggunakan random sampling , yaitu pengambilan melalui persentase dari jumlah populasi kelas yang diambil secara acak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 25% dari keseluruhan jumlah siswa untuk kelas pandai yaitu sebanyak 13 murid dan 25% dari kelas kurang pandai yaitu sebanyak 13 murid. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 16 soal (46%) yang tidak berkualitas perlu direvisi atau diperbaiki.