Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media musik terhadap hasil belajar menulis puisi siswa kelas VIII SLTP Negeri 1 Curug Tangerang. Disamping itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan para guru untuk lebih kreatif menciptakan metode pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai secara maksimal. Penelitian ini dilakukan di SLTP Negeri I Curug Tangerang pada semester genap tahun ajaran 2009/2010. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SLTP Negeri 1 Curug Tangerang Kelas VIII yang berjumlah 320 orang. Sampel penelitian ini 60 siswa dari 2 kelas VIII yang ditentukan dengan proporsional random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa, perhitungan penggunaan hipotesis menggunakan uji-T diperoleh nilai t hitungan= 8,101 dan ttabel= 2,01 pada taraf signifikansi....=0,05 dengan derajat kebebasan (dk)=5,8. Diketahui t hitung = 8,101 > 2,01 = t tabel, maka hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak terdapat pengaruh penggunaan media musik terhadap hasil belajar menulis puisi siswa ditolak dan diterima hipotesis alternatif (H1) yang menyatakan terdapat pengaruh penggunaan media musik terhadap hasil belajar menulis puisi siswa. Diterimanya hipotesis alternatif (H1), berarti dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh media musik terhadap hasil belajar menulis puisi siswa. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar=74,633 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas kontrol sebesar =61,333.