Abstrak
Dalam penelitian ini dianalisis penggunaan imbuhan pada karangan persuasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jayanti. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan imbuhan prefiks antara lain me, ber, ke, ter, di, sufiks antara lain akhiran i, an,nya dan konfiks antara lain gabungan ke-an, per-an, se-nya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan imbuhan sufiks, konfiks dan prefiks yang terdapat dalam karangan persuasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jayanti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini yaitu untuk memaparkan, merinci, dan menafsirkan penggunaan imbuhan pada karangan persuasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jayanti. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi dengan langkah-langkah sebagai berikut: Penulis memeriksa dan membaca satu persatu karangan siswa secara cermat, penulis mencari tiap-tiap kalimat yang terdapat penggunaan imbuhan, penulis memasukan data yang terdapat penggunaan imbuhan kedalam tabel analisis penggunaan imbuhan, penulis menganalisis setiap penggunaan imbuhan dalam setiap karangan siswa, penulis menghitung persentase penggunaan imbuhan prefiks (awalan), sufiks (akhiran), dan konfiks (gabungan), penulis menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian yang dianalisis diperoleh penggunaan imbuhan prefiks (awalan) sufiks (akhiran),dan konfiks (gabungan) Penggunaan imbuhan tersebut berjumlah 537 buah. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut : 1) Penggunaan imbuhan prefiks (awalan) sebanyak 302 buah dengan persentase 56,24%, penggunaan imbuhan sufiks (akhiran) sebanyak 161 buah dengan persentase 29,98%, penggunaan imbuhan konfiks (gabungan) sebanyak 24 buah dengan persentase 13,28 %.