Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan kalimat efektif pada teks pidato yang ditulis siswa kelas X SMA Negeri 5 Tangerang.
Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan kalimat efektif dalam teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 5 Tangerang.
Penelitian ini bermanfaat bagi guru bahasa Indonesia, siswa, maupun peneliti sendiri agar terwujudnya pengajaran bahasa Indonesia lebih baik khususnya subpokok bahasan kalimat efektif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motede deskriptif. Data yang dianalisis yaitu penggunaan kalimat efektif berdasarkan ciri-cirinya. Dari hasil analisis diperoleh 267 kalimat, dengan rincian penggunaan kalimat efektif dengan ciri kesatuan gagasan (kelengkapan subjek dan predikat, serta tidak diawali dengan kata depan dan dengan yang) mempunyai kalimat sebanyak 126
atau 47,2%, ciri kesejajaran bentuk (imbuhan di-kan, me-kan) mempunyai kalimat sebanyak 3 atau 1,1%, ciri penekanan kata (di awal, pengulangan kata, urutan logis, berpatikel, dan pertentangan) mempunyai kalimat sebanyak 143 atau 53,6%, ciri kehematan kata (tidak mengulang subjek, hiponimi, dan pemakaian kata depan dari dan daripada) mempunyai kalimat sebanyak 188 atau 70,4%, dan ciri
kelogisan bahasa (ide kalimat dapat diterima oleh akal dan dapat dimengerti oleh pembaca) mempunyai kalimat sebanyak 233 atau 87, 2%.